Enam Orang Penyuluh BPTP NTT Mengikuti Diklat Dasar Penyuluh Pertanian Ahli

Berita

Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor menyelenggarakan ” Pendidikan dan Pelatihan Dasar penyuluh Ahli yang kegiatannya dilaksanakan di kampus STTP Bogor dari tanggal 5 sampai 23 oktober 2010.
Tujuan pelaksanaan Diklat Dasar Penyuluh Pertanian ahli dimaksudkan adalah (1) membangun landasan untuk pelaksanaan tugas penyuluh,(2) menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi, organisasi dan tatakerja dan tata hubungan kerja penyuluh pertanian, (3) memberikan wawasan berpikir secara komprehensif bagi calon penyuluh pertanian, (4) meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap sebagai penyuluh pertanian. Sedangkan sasaran diklat dasar diperuntukan bagi pegawai negeri Sipil berpendidikan minimal S-1/D-!V bidang pertanian yang akan diangkat untuk pertama kalinya dalam jabatan fungsional penyuluh dan Para PNS yang sudah menduduki jabatan fungsional penyuluh tetapi belum pernah mengikuti diklat sejenis.
Peserta yang mengikuti pendidikan dan Pelatihan Dasar Penyuluh Ahli Tahap I berasal dari Penyuluh BPTP seluruh Indonesia sebanyak 32 orang, dan BPTP NTT mengirimkan 6 orang Penyuluh atas nama (1) Ir.Adriana Bire,MSc, (2) Ir Onike Tali Lailogo,M.Si, (3) Ir.Made Ratnada,MP, (4) Ir.Medo Kote,M.Si, (5) Ir. Lukas Kia Gega,M.Si, dan (6) Jeremias Bombo,STP
Sedangkan kurikulum dan materi yang diajarkan dikelompokan dalam empat kategori yaitu Kelompok Dasar 3 Mata latihan, kelompok Inti 11 Mata Latihan, Kelompok Penunjang 4 Mata latihan, Praktek Kompetensi dan Rencana Tindak lanjut, dengan total jam berlatih 150 jam, 39 jam teori dan 111 jam praktek.
Narasumber atau fasilitator sebagian besar adalah Dosen/Penyuluh Pertanian/Pakar yang berasal dari instansi terkait seperti (1) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, (2) Badan Litbang Pertanian, (3) Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, dan (4) Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor
Demi kelancaran pelaksanaan kegiatan Diklat Dasar Penyuluh Pertanian Ahli dibentuklah panitia penyelenggara yang diperkuat dengan Surat Keputusan Ketua STPP Bogor Nomor: 19/Kpts/KP.340/J.2.5/10/2010, tanggal 4 Oktober 2010 dengan susunan sebagai berikut: Pengarah: drh.Sumarmo.MM; Penanggungjawab: Dr.drh.Endang Endrakasih,MS, Ketua Pelaksana: Wida Pradiana,SP.M.Si; Sekretaris: Nawangwulan W,SP.M.Si; dan dibantu oleh 6 orang anggota; masing-masing: (1) Dra. Siti Nurjayanti, Ir. Efidaleti, Yohansyah Lubis,SE, Drs. Irawan Adisucipto, Yoyon Haryanto,SST dan Mahpin.
Untuk menilai keberhasilan peserta maka Penilaian didasarkan pada tiga hal yaitu: (1) Penilaian teori dan praktek di dalam kampus menyangkut tugas dan aktifitas diskusi, (2) Paraktek kompetensi di Lapangan menyangkut hasil observasi dan laporan, dan (3) Evaluasi Kompetensi. Untuk evaluasi akhir diklat didasarkan pada hasil penilaian kelulusan dengan memperhatikan tiga hal yaitu: (1) Aspek Sikap,perilaku dan kepemimpinan dengan bobot: 30 %, (2) Aspek Akademis/penguasaan materi dengan bobot 70 , dan (3) Kualifikasi keberhasilan Peserta ditetapkan dengan nilai: (a) Sangat memuaskan : 95-100, (b) Memuaskan: 90-94, (c) baik Sekali: 80-89, dan (d) Baik: 70-79. Bagi peserta diklat yang pencapaian nilai dibawah 70 dinyatakan ”TIDAK BERHASIL” dan peserta yang ketidakhadirannya melebihi 5 % dari seluruh jam pelajaran dinyatakan ”GUGUR” Jalannya Diklat; Diklat dasar Penyuluh Penyuluh Pertanian Ahli dimulai dan di buka oleh PLH Direktur STPP Bogor (drh Sumarmo, MM), hadir dalam acara pembukaan Kabag Kepegawaian Badan Litbang Pertanian mewakili Sekteraris Badan Litbang serta ibu Siti Nurjayanti dan bapak Sad Hutomo mewakili Balai Besar P2TP Bogor, para instruktur dan narasumber serta panitia peserta diklat. Sambutan sekaligus membuka diklat oleh Ketua STPP Bogor, acara pembukaan ditutup dengan doa yang dibawakan oleh peserta dari BPTP Sulawesi ( Ir. Abdul Rojab)
Acara dilanjutkan dengan presentase materi diklat sesuai jadual yang telah disusun, sampai pada acara puncak yaitu :” PENUTUPAN” Diklat pada tanggal 23 Oktober 2010 yang diawali dengan pengumuman peringkat kelulusan yang diraih peserta: (1) Juara I diraih oleh Penyuluh dari BPTP Jawa Tengah atas nama : Ir.Warsana,Msi, (2) Juara II diraih oleh penyuluh asal BPTP NTT atas nama: Ir. Made Ratnada,MP, dan (3) Juara III diraih oleh Penyuluh asal BPTP Bangka Belitung atas nama Minas Tiurlina, P.SP. dan Kepada para pemenang diberikan Piagam Penghargaan oleh Ketua STPP Bogor. (Sumber: Adriana Bire)

English Version

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday84
mod_vvisit_counterYesterday138
mod_vvisit_counterThis week720
mod_vvisit_counterLast week1207
mod_vvisit_counterThis month4589
mod_vvisit_counterLast month4122
mod_vvisit_counterAll days197183

Online (20 minutes ago): 3
Your IP: 54.226.180.86
,
Today: Agus 28, 2014